Ketika akan
menghentikan laju kendaraan baik itu secara perlahan atau pun mendadak
rem merupakan alat yang dapat mengurangi laju kendaraan, selain rem
kopling merupakan hal yang mutlak digunakan ketika pengereman. Fungsi
dari kopling di saat pengereman adalah untuk mencegah matinya putaran
mesin mobil. Karena jika putaran mesin berada di bawah torsi minimum
suatu kendaraan yang dianjurkan biasanya mesin akan mati. Jadi, itulah
kenapa setiap pengereman pedal kopling harus ditekan/diinjak. Namun,
pertanyaan kita adalah manakah yang lebih dahulu diinjak antara pedal
kopling atau rem?
Jawabannya adalah, bisa kopling duluan
atau rem duluan. Karena jika kopling tidak diinjak terlebih dahulu
ketika pengereman dalam laju yang kurang kencang maka mesin akan mati,
oleh karena itu kopling harus diinjak terlebih dahulu untuk menjaga
jangan sampai mesin mati karena laju kendaraan sudah melambat namun
kopling belum diinjak. Namun, untuk laju kendaraan yang cepat, penekanan
pada pedal rem terlebih dahulu juga dibolehkan karena mesin tidak akan
mati jika putaran mesin masih tinggi, kemudian diiringi dengan menginjak
pedal kopling atau langsung melaju kembali tanpa menginjak pedal
kopling.
Jadi, penggunaan kopling atau rem duluan
yang diinjak adalah disesuaikan dengan laju kendaraan dan tujuan dari
pengereman itu sendiri. Namun, yang terpenting adalah mengurangi laju
kendaraan dengan mengurangi penekanan terhadap pedal gas atau pun
melepas pedal gas sangat dianjurkan. Hal ini perlu dilatih untuk
menentukan waktu kendaraan akan berhenti setelah pedal gas dilepas.
Dengan mengurangi penggunaan rem, maka kita tidak membuang tenaga mobil
secara percuma dan tentunya akan lebih menghemat penggunaan BBM.
No comments:
Post a Comment