2013-03-03

Kupas Yamaha Byson

Penjelasan teknis terkait dengan Byson ini…
 Dari sisi depan terlihat penampilan Byson memang mencirikan street fighter… !!! :D
Dari sisi depan, sebenernya sudah cukup mumpuni… !!! Namun bagi yang seneng tampilan biar lebih ‘jreeeng’ lagee… bisa mengganti kaca spion dengan lebih sporty seperti kaca spion Ninja 250R… atau kaca spion lain yang menonjolkan kesan ‘runcing’ alias sporty …!!! Model seperti ini akan lebih bagus jika menggunakan kaca spion yang sekaligus lampu sein… !!! Hal ini pernah gue terapkan pada Ducati Monster gue… dan gue believe… aftermarket partz bakalan tumbuh ketika brojoool nya Byson ini …!!!
   Motor ini menggunakan engine  153cc,
  4 stroke single cylinder SOHC dengan berpendingin udara…
  Compresion rationya sebesar 9.5:1
  dan power yang dihasilkan dapat mencapai 10.1Kw setara dengan 13.41HP pada 7500RPM…
 dan torsi maksimum sebesar 13.6Nm pada 6000RPM..
 carburator yang digunakan adalah Mikuni BS26 dengan TPS…

 Bagi penggila speed freak,mungkin carbu ini bakalan diganti dengan ukuran 28….
Motor ini menggunakan 5 percepatan dengan type kopling basah …
Sistem starternya bisa menggunakan electric starter ataupun engkol …!!!
Fork depan cukup lebar… ukuran 41mm sudah cukup okeee… dan memang yang paling besar diantara motor sportz lainnya …!!! Kesan kokoh dan kekar jelas akan terungkap dengan penggunaan fork bertipe besar ini …!!! Suspensi belakang menggunakan tipe monocross dengan 5 stage adjustment.. !!! Berdasarkan test ride yang gue lakukan… suspensi nya cukup mumpuni kok… baik untuk melibaz jalan gronjolan… menikung ataupun zig-zag manuver …!!!
Sebagaimana terlihat pada gambar… plat nomor dilekatkan diatas headlamp…. cukup laaagh untuk tidak mengganggu rasa estetiiis …!!! Headlampnya telah menggunakan multi-reflector… dan disebalah kiri kemudi ada tombol flap… jika ditekan lampu beam akan menyala… !!! So gue melihatnya ada tambahan tombol yang cukup berguna… !!! Merambah ke tangki bensin…. yang cukup menarik diterapkannya model  kondom… !!! Uniknya tangki bensin kondom ini bisa dilepas… terserah mau dicat ataupun jika penyok sebelah cukup mengganti yang sebelah saza… !!! Kapasitas tangki bensin sendiri sekitar 12 literz… !!!
Penggunaan ban depan ukuran 100/80-17 dan ban belakang ukuran 120/70-17 serta tubeless tentu menambah value dari motor ini …!!! Disini para konsumen sudah tidak direpotkan lageee… untuk lebih dalam merogoh kantong untuk membeli ban tubeless… dan tentu saza lebih safety terbebas dari ranjau paku… yang kadang banyak bertebaran di jalaaan …!!! Ukuran ban belakang masih bisa dioptimalkan… jika ingin mengganti dengan ukuran 140/70-17 misalnya… !!! Velgnya sudah cast wheel baik depan maupun belakang …!!!
Terkait dengan emsii gas buang… motor ini dilengkapi dengan catalytic converter… !!! Beratnya sekitar 5 kg,… dan diletakkan tepat dibawah center of gravity …!!! Sebagaimana diketahui catalytic converter ini… terbuat dari paltinum, palladium, dan rhodium… yang mengkonversi gas yang berbahaya seperti gas CO, NOx, dan HC menjadi gas yang tidak berbahaya seperti Nitrogen, Oxigen, CO2 dan air …!!! Tentu saza emisi nya sudah comply dengan EURO 2… namun dari sisi performance, catalytic converter ini sering dianggap menghambat performance motor …!!!
Rem depan menggunakan cakram dengan diameter 267mm 2-pot caliperz, sedangkan rem belakang masih tromol …!!! Berdasarkan test ride yang gue lakukan… untuk power sebesar motor ini… rem belakang tromol masih mencukupi kebutuhan …!!! Namun jika power sudah dikilik… misalnya penggunaan carbu 28, CDI non limiter, catalytic dibuang… perlu dipertimbangkan menggunakan disc brake untuk rem belakang …!!!

Berat motor ini sekitar 135 kg,… dan tersedia warna merah, biru,emas,grey,putih dan hitam…

No comments: