2013-03-04

Efek Parkir di Bawah Sinar Matahari langsung

Beberapa komponen pada mobil cepat rusak ketika terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama adalah cepat memudarnya warna cat dan kerusakan komponen mobil dalam bentuk karet seperti pada karet wiper (kipas hujan), serta kaca rentan mengalami kerusakan seperti pecah dan retak-retak. Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk merawat mobil ketika berada di bawah terik sinar matahari agar kerusakan dapat diminimalisir adalah dengan melakukan berbagai hal sebelum meninggalkan mobil.
  • Tegakkan wiper agar tidak bersentuhan dengan kaca mobil yang panas, karena jika karet dipanaskan akan cepat mengeras dan kurang bahkan tidak elastis serta rata lagi.
  • Buka kaca jendela 0,5-1 cm agar terjadi pertukaran udara dan berfungsi untuk mengurangi panas yang berlebihkan pada bagian dalam mobil yang dapat merusak bahkan memecahkan kaca mobil. Dan dapat juga untuk menghindari terbentuknya zat-zat beracun dari dalam mobil ketika suhu panas.
  • Jangan meletakkan barang-barang yang rentan pada suhu panas, bahkan bisa meledak jika terpapar suhu panas. Beberapa peralatan yang cepat rusak seperti baterai laptop jika berada dalam mobil dengan tingkat suhu yang panas.
  • Jika mobil sudah berada di bawah sinar matahari yang panas, jangan melakukan penyiraman pada kaca mobil. Hal ini dapat merusak kaca seperti timbulnya retak dan pecah jika terjadi perubahan suhu mendadak dari panas ke dingin.
  • Untuk mengurangi kerusakan pada cat mobil dapat dilakukan dengan memberikan cairan pemelihara cat mobil.

1 comment:

lordorid said...

good blog thanks...